8/28/10

Makna gerakan sholat menurut kedokteran

,

Seperti yang saya tulis di posting sebelumnya, kali ini saya akan posting mengenai makna dibalik gerakan sholat umat muslim menurut kedokteran. Sholat merupakan ritual agama yang wajib dilakukan setiap muslim. dalam ritual ini ada gerakan-gerakan khusus yang unik yang tidak dimiliki oleh ibadah-ibadah agama lain. Dari gerakan/posisi ritual terserbut menurut pendapat dunia kedokteran ada beberapa manfaat penting secara fisik.

  • Gerakan Takbiratul ihram
Gerakan ini merupakan gerakan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga, sambil mengucapkan Allohuakbar. gerakan ini secara anatomis merupakan posisi dimana paru-paru terbuka lebar dan rileks untuk melakukan inspirasi terdalam. artinya saat takbiratul ihram paru-paru diberi kesempatan istirahat sejenak. ( kasihan juga kan, dari mulai lahir g pernah istirahat)
  • Posisi Rukuk
Posisi ini ternyata merupakan posisi dimana tulang ekor/vertebrae manusia pada keadaan terpanjang/teregang. tidak ada gerakan yang mampu meregangkan antar tulang ekor kita selain posisi rukuk. ( nah, tanpa disadari setiap hari rajin sholat juga menurunkan resiko kena osteoporosis)
  • Posisi Sujud
Posisi ini adalah posisi dimana antara ujung jari kaki, lutut, dan dahi sejajar diatas lantai. Posisi ini ternyata mampu mengalirkan darah ke seluruh bagian otak manusia. bahkan khusus orang yang setiap hari sujud, dia akan memiliki beberapa jumlah sel otak yang Hidup dimana sel otak tersebut tidak dimiliki oleh orang non-muslim. waahh....... keren.

Lha koq nabi Muhammad Saw bisa ngajarin kita gerakan sholat yang ternyata sehebat itu ya? bukankah beliau itu seorang yang g bisa baca dan menulis?
betul, beliau mungkin tidak tahu hal sedetail itu, dan itulah yang menunjukkan bahwa perintah sholat ini benar-benar berasal dari Tuhan. Semakin kita pelajari suatu ilmu dengan sungguh-sungguh, niscaya ilmu itu pasti akan memaksa kita untuk percaya akan adanya Tuhan.
wassalam..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

fathony's blog Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger