8/27/10

Manfaat puasa menurut kedokteran

,

Kenapa Saat Puasa pagi hari jadi lapar dan sorenya tidak lapar?
Bismillahirohmanirohin. sudah lama banget saya tidak posting lintas kedokteran yang sebenernya awal mula tujuan blog ini saya bikin. mungkin tertumpuk sama forex dan belajar Seo yang cukup melelahkan. Tidak terasa Hari ini kita sudah menjalani bulan puasa hingga setengahnya, semoga kita masih tetap diberi kesempatan hingga ketemu lebaran nanti dan tahun-tahun berikutnya. ok, buat temen-temen barang kali ada yang belum tahu kehebatan ritual puasa yang kita lakukan setiap tahun ini jika dipandang dari sudut pandang kedokteran. hmm maksudnya lebih kearah ilmiahnya gitu, bukan sakralnya.
Puasa dalam islam memiliki syarat yaitu menahan makan dan minum dari sesaat sebelum subuh tiba hingga azan magrib. kira2 rentang waktu itu sekitar 14 - 15 jam ya. wah berarti dalam waktu itu kita kekurangan makanan dan cairan donk? ternyata tidak. bahkan lebih bagus. kenapa? mari kita lanjutkan.
Tubuh kita memiliki organ yang disebut hepar. hepar atau yang biasa disebut sebagai hati (makna fisik) merupakan suatu orga yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan berupa glukosa yang tersimpan dalam bentuk glikogen. glikogen ini disimpan dihati jika kita terasa kenyang atau glukosa darah meningkat setelah kita makan. glikogen ini dibentuk atau disintesis oleh enzim yang disebut glukagon. inget ya jangan sampai terbalik antara glikogen dan glukagon. lha terus apa hubungannya dengan puasa? jadi begini, disaat kita makan sahur sekitar jam 4 subuh, maka perut akan terisi dengan makanan dan secara langsung akan diserap oleh usus masuk ke pembuluh darah. komponen utama penyerapan disini adalah glukosa. glukosa ini merupakan komponen nutrisi utama dan harus segera terpenuhi. 2 jam setelah makan sahur sekitar jam 6 pagi, kondisi tubuh kita sangat fit, tidak lapar, dan tidak kenyang. pagi itu glukosa didarah meningkat derastis sehingga oleh glukagon akan di simpan dalam hati dalam bentuk glikogen, jika masih penuh juga disimpan dalam bentuk kolesterol.. hayoo jangan sampai terbalik hehe. hari terus berlalu, sekitar jam 11 siang kita mulai terasa keroncongan, alias kelaperan kenapa? karena nutrisi makanan didarah yang diserap usus tadi pagi habis dalam 7-8 jam. jadi pas jam 11 siang glukosa darah menurun dan timbul kelaperan.
Perlu diketahui bahwa sensor/ indikasi kita bisa merasa lapar itu ada 2 macam: pertama karena perut kosong, dan kedua karena penurunan glukosa intrasel ( jadi kyk ciri2 orang diabetes, ntar kita bicarakan lain waktu). Saat jam 11 siang tadi maka otak (tepatnya di system lymbic hipotalamus) akan menyuruh hati untuk melepaskan glikogen yang disimpan jam 6 pagi tadi untuk dimasukkan ke dalam darah. sekitar 2 jam lagi glikogen dah cair ke darah, naahh sehingga jam 1 siang kita sudah segar lagi dan g terasa lapar.. betul kan? cadangan glikogen di hati ini baru akan habis setelah di uraikan selama 8 jam. jadi pas banget jam 18:00 saat azan magrib tiba kita kehabisan glukosa darah yang dari hati tadi dan kita bisa makan buka puasa. artinya apa? seluruh makanan yang kita makan saat sahur habis terbakar dalam sehari, tanpa sisa, tanpa di simpan dalam bentuk kolesterol. kok jadi ke kolesterol? apa ada hubungannya? ada, jadi jika tadi jam 11 siang kita terasa laper dan langsung makan, artinya kan glikogen di hati kan g jadi dipakek karena kita langsung isi perut dengan makanan. wal hasil, usus menyerap makanan lagi, jadi kenyang seperti jam 6 lagi sementara glikogen di hati masih penuh, ya disimpen aja sama tubuh dalam bentuk lemak.
Kesimpulannya, ternyata puasa menjadikan tubuh kita seimbang, semua makanan habis terpakai, tanpa ada penimbunan kolesterol, dan tanpa ada kekurangan. coba bayangkan jika anda tadi jam 11 siang makan. pasti ada perbedaan. yang jadi pertanyaan, bukankah islam dan perintah puasa itu sudah dari jaman nabi dimana g ngerti masalah glukosa dan belum ada komputer? koq bisa tau seperti itu ya? itulah bukti yang menunjukkan bahwa islam adalah agama dari Tuhan.
sampai disini dulu postingan kali ini insya Alloh nanti saya lanjutkan posting tentang rahasia dibalik gerakan Sholat menurut kedokteran ( waduh jadi fk banget nih) hehe.. semoga bermanfaat. wassalam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

fathony's blog Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger